Pages

Thursday, November 8, 2012

Koper Agnes Monica Dinilai Tanggung Jawab dari Ground Handling

imgJakarta - Masalah koper dibobol yang menimpa penyanyi Agnes Monica, juga menjadi masalah banyak orang. Selain maskapai dan bandara, ada juga keterlibatan ground handling yang berurusan langsung dengan koper penumpang.

Pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo, dalam perbincangan dengan detikTravel menjelaskan sebenarnya ada satu pihak lagi yang terkait dengan urusan koper bobol ini. Dudi mengatakan, jangan melupakan peran petugas ground handling.

"Ground handling itu orang mengurus koper dari keluar pesawat sampai ban berjalan," kata Dudi, Kamis (8/11/2012).

Kemarin, Corporate Secretary Angkasa Pura (AP) II, Trisno Heryadi mengatakan, masalah koper bobol yang menimpa Agnes Monica adalah tanggung jawab dari maskapai. Sejak naik pesawat hingga koper turun pesawat itu sudah masuk domain maskapai bersangkutan.

Namun Dudi tidak setuju. Ada area penghubung sejak koper check in sampai masuk ke pesawat, dan itu bukan tanggung jawab maskapai. Maskapai bertanggung jawab selama koper berada di pesawat. Hal ini senada dengan keterangan dari pihak Singapore Airlines.

"Check ini memang sama maskapai. Tapi sampai koper masuk ke pesawat itu tanggung jawab yang namanya petugas ground handling," jelas Dudi.

Nah, petugas ground handling ini imbuh Dudi berasal dari perusahaan penyedia layanan darat di bandara. Perusahaan ini berkordinasi kepada pihak bandara.

"Ground handling itu satu perusahaan sendiri," kata Dudi.

Oleh karena itu, Dudi menyarankan semua pihak menjelaskan duduk perkaranya. Jangan larut dalam perdebatan, tapi segera tangkap pelaku pembobolan koper.


"Yang sangat penting itu sekarang dicari, siapa pelakunya," tutup Dudi.

0 comments:

Post a Comment